PELAKSANAAN KEGIATAN POSYANDU DI DUSUN MUHAJIRIN DESA BANYUMULEK

  • Aug 07, 2024
  • Admin Desa Banyumulek

BANYUMULEK- Senin, 5 Agustus 2024. Dusun Muhajirin menyaksikan sebuah kegiatan yang sangat berarti bagi kesehatan warga, khususnya bagi para balita dan lansia. Dusun Muhajirin dengan penuh semangat menjalankan program Posyandu, sebuah inisiatif kesehatan yang memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Posyandu  di Dusun Muhajirin dikelola oleh Kader Posyandu yang telah ditunjuk di setiap Dusun, dengan penuh dari ibu-ibu yang bertugas di Kementrian Kesehatan Desa.

Posyandu balita ini menjadi tempat  dimana Kader Posyandu memberikan penyuluhan kepada para ibu balita tentang pentingnya perawatan kesehatan anak. Selain itu, berbagai kegiatan pengukuran berat dan tinggi badan balita dan lansia., pemberian obat cacing, serta pengecekkan kesehatan bagi para lansia, menjadi bagian rutin dari kegiatan ini.

Kegiatan posyandu memiliki peran penting dalam pemantauan pertumbuhan anak. Dari hasil penimbangan yang kemudian dicatat di kartu ibu anak. Status perkembangan balita dapat diketahui secara berkala. Dengan adanya Posyandu yang berjalan dengan baik, upaya pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan jadi lebih efektif. Selain itu Posyandu juga berperan dalam pencegahan stunting pada balita, yang merupakan masalah serius terkait pertumbuhan yang harus diatasi dengan serius. 

Kegiatan Posyandu di Dusun Muhajirin menjadi bukti nyata komitmen masyarakat dan pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak dan lansia. Dengan kerja sama antara Kader Posyandu, dan bantuan dari para mahasiswa STIE AMM MATARAM dan INSTITUT AGAMA ISLAM QOMARUL HUDA, Posyandu di Dusun Muhajirin menjadi contoh yang patut dicontohkan dalam upaya meningkatkan gizi dan kesehatan generasi masa depan.